Workshop Kurikulum Berbasis KKNI Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya

Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya (UPR) melaksanakan Workshop Kurikulum Berbasis Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI) di Ruang Percontohan FKIP UPR sejak tanggal 17 – 24 Juli 2017.

Ketua Panitia Dr. Liswara Neneng, M.Si mengatakan, dalam rangka antisipasi tingginya tuntutan terhadap kompetensi lulusan dan semakin meningkatnya persaingan untuk mendapatkan lapangan pekerjaan, diperlukan penyesuaian kurikulum mengikuti kemajuan yang terjadi secara Nasional dan Global.  Hal tersebut sejalan dengan tuntutan pemerintah melalui permendikbud no 73 tahun 2013 yang mewajibkan tiap program studi untuk menyusun kurikulum dengan mengacu pada KKNI. Latar belakang inilah yang mendorong kegiatan workshop kurikulum berbasis KKNI Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UPR.

Ditempat yang sama, Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Dr. Yula Miranda, M.Pd berharap lulusan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UPR lebih memiliki kompetensi untuk bersaing di dunia kerja sebagaimana profil lulusan yang telah disepakati dalam workshop.

Sementara itu Narasumber kegiatan ini, Prof. Dr. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D mengatakan alasan mengapa perlunya pembaharuan kurikulum, yakni untuk meningkatkan relefansi apa yang diajarkan dikelas. Karena kurikulum tidak hanya dokumen, jadi pembelajaran abad 21 tidak cocok jika mengajarkan seperti zaman dulu. Sekarang mahasiswa bisa mengambil dari berbagai sumber sehingga fokus pembelajaran tidak hanya pada isi materi, karena itu hanya sarana untuk mengembangkan hidup abad 21.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*