Akreditasi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin

FKIP Universitas Palangka Raya mempunyai tujuan meningkatkan kualitas lulusannya, salah satu indikator upaya pencapaian kualitas berdasarkan akreditasi.

Program Studi Pendidikan Teknik Mesin merupakan program studi dibawah naungan Jurusan PTK FKIP menerima kunjungan assesmen lapangan BAN-PT pada tanggal 05 s/d 07 Oktober 2017. Asesor yang ditugaskan adalah Ir. M. Waziz Wildan, M.Sc., P.hD (UGM) dan Dr. Zainur Rofiq, M.Pd (UNY), untuk memberikan penilaian lapangan di Prodi Pendidikan Teknik Mesin.

Assesmen lapangan tersebut, merupakan tindak lanjut dari Borang yang sudah disampaikan ke BAN-PT pada akhir bulan Maret 2017. Assemen lapangan menjadi salah satu hal yang sangat penting karena dilakukannya sejumlah kegiatan seperti verifikasi, validasi, melengkapi data atau informasi yang terdapat pada Borang serta melakukan penilaian secara langsung terhadap Program Studi Pendidikan Teknik Mesin.

Akreditasi merupakan jaminan kualitas perguruan tinggi yang mana prodi yang telah terakreditasi mampu memenuhi standar mutu dari BAN-PT sesuai dengan ketentuan akreditasi seperti yang termuat dalam Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang pendidikan tinggi.

Fokus evaluasi dan penilaian selama asesmen terletak pada standard/parameter berupa evaluasi diri maupun Borang Prodi yang mengacu pada standar penilaian seperti mahasiswa/lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran, suasana akademik, penelitian ataupun pengabdian, dan lain-lain.

Selama proses asesmen lapangan unsur Pimpinan Fakultas ; Prof. Dr. Joni Bungai, M.Pd (Dekan FKIP), Dr. Debora, M.Pd (Wakil Dekan Bidang Akademik), Prof. Dr. Sanggam R.I Manalu, M.Pd (Guru Besar di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin), Jhonni Rentas Duling, ST., MT (Ketua Jurusan PTK), Wiyogo, ST.,MT (Ketua Program Studi Pendidikan Teknik Mesin), Tim Borang FKIP UPR maupun seluruh Dosen, Staf dan Mahasiswa dilingkungan Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP Universitas Palangka Raya mengikuti seluruh rangkaian asesmen lapangan tersebut.

Berdasarkan surat keputusan BAN-PT No: 4161/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2017 tanggal 31 Oktober 2017 menetapkan status akreditasi dan peringkat terakreditasi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin FKIP UPR dengan status akreditasi : Terakreditasi dengan peringkat B.  Keputusan tersebut berlaku sampai dengan Oktober 2022.

Sertifikat Akreditasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*