FORUM GROUP DISCUSSION (FGD) KURIKULUM GENERAL EDUCATION BERBASIS NILAI HUMA BETANG UNTUK MEMPERKUAT KARAKTER CINTA DAMAI MAHASISWA UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

Untuk mewujudkan tujuan Pendidikan Tinggi sebagaimana yang tertuang dalam UU No. 12 Tahun 12 tentang Pendidikan Tinggi, seluruh mahasiswa harus mengikuti pembelajaran mata kuliah dasar umum yang dikenal dengan MKWU (General Education). Mata kuliah umum yang telah dinyatakan dalam UU No 12 tahun 2012 sebagai mata kuliah wajib, yaitu Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran MKWU, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengadakan Program Hibah General Education (GE) tahun 2018  untuk seluruh perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Universitas Palangka Raya merupakan salah satu perguruan tinggi  yang mendapatkan hibah GE dari 59 perguruan tinggi yang mengajukan proposal Hibah General Education (GE) tahun 2018.

WhatsApp Image 2018-10-05 at 08.42.12 WhatsApp Image 2018-10-05 at 09.39.42 (1)

 

 

 

 

 

 

Program hibah GE yang diusulkan oleh Universitas Palangka Raya yakni Kurikulum General Education Berbasis Nilai Huma Betang Untuk Memperkuat Karakter Cinta Damai Mahasiswa Universitas Palangka Raya. Salah satu rangkaian program GE yakni Focus Group Discussion (FGD) Kurikulum General Education Berbasis Nilai Huma Betang Untuk Memperkuat Karakter Cinta Damai Mahasiswa Universitas Palangka Raya. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 5 Oktober 2018 di Aula Rahan Universitas Palangka Raya. Secara resmi acara ini dibuka oleh Rektor Universitas Palangka Raya, Dr. Andrie Elia, S.E.,M.Si. Turut hadir pula beberapa pemateri dalam acara FGD ini yakni Dr. Andrie Elia, S.E.,M.Si., Prof. Dr. Joni Bungai, M.Pd., Dr. Dhanu Pitoyo, M.SI., dan Dr. Eli Karliani, M.Pd. Selain itu, FGD ini dihadiri oleh Wakil Dekan bidang akademik di lingkup UPR, Ketua UPT MKWU UPR, seluruh Ketua Program Studi yang ada di lingkup UPR, dan dosen MKWU UPR.

Menurut Dr. Eli Karliani, M.Pd, selaku ketua tim hibah General Education (GE), tujuan diadakannya kegiatan FGD ini yakni untuk menyamakan persepsi dosen MKWU Universitas Palangka Raya tentang Integrasi kurikulum general education berbasis huma betang untuk memperkuat karakter cinta damai mahasiswa Universitas Palangka Raya. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji implementasi kurikulum general education yang telah diterapkan di Universitas Palangka Raya. Dalam acara ini setiap peserta FGD menandatangani surat pernyataan bahwa setiap Program Studi di lingkup UPR mendukung implementasi Program hibah GE yang diusulkan oleh Universitas Palangka Raya yakni Kurikulum General Education Berbasis Nilai Huma Betang Untuk Memperkuat Karakter Cinta Damai Mahasiswa Universitas Palangka Raya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*