SIAKAD

Home | Operator | Dosen | Mahasiswa

 

link : siakad.upr.ac.id

Sistem Informasi Akademik apa sih?

Sistem informasi akademik adalah suatu sistem yang dibuat untuk mempermudah kegiatan administrasi akademik di kampus, yang mana kesemuanya diatur secara daring (online). Beberapa contoh kegiatan yang bersifat administratif di kampus adalah Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), penyusunan kurikulum dan jadwal kuliah, mengisi Kartu Rencana Studi (KRS), mengisi nilai (untuk dosen), mengelola data dosen, karyawan, dan mahasiswa, dsb.

Keunggulan Sistem Informasi Akademik:

  1. Sistem Informasi Akademik (Siakad) dirancang untuk bisa mengolah semua informasi yang ada secara terintegrasi, sehingga data yang tersedia selalu terbarukan (up to date) secara realtime.
  2. Selain itu, karena basis datanya terpusat, Siakad bisa meminimalisir terjadinya duplikasi data yang lazim ditemui pada sistem manual.
  3. Siakad bisa berfungsi sebagai pusat informasi dengan kelebihan berupa:
  • KRS Online
  • Penjadwalan kelas online
  • Penilaian secara online
  1. Menjadi pusat rekam jejak semua kegiatan kampus karena semua data ada di Siakad termasuk berita-berita terbaru seputar kampus.
  2. Media komunikasi bagi dosen, karyawan, dan mahasiswa.

Sistem Informasi Akademik dapat memuat data-data:

  1. Data Mahasiswa
  2. Data dosen
  3. Data Mata Kuliah.
  4. KRS
  5. Daftar Nilai Mahasiswa
  6. Data mahasiswa yang sudah lulus

Adapun data yang dapat diakses para pengguna Siakad adalah:

  1. Daftar nama mahasiswa.
  2. Daftar nama dosen
  3. Jadwal Kuliah
  4. KHS
  5. Absen Mahasiswa
  6. Data mahasiswa yang aktif dalam perkuliahan

Manfaat Sistem Informasi Akademik

  1. Mempermudah mahasiswa untuk memperoleh informasi tanpa perlu datang ke bagian administrasi di kampus yang seringkali lama karena harus mengantri, dsb.
  2. Bagian administrasi kampus juga dimudahkan dengan adanya siakad karena berkurang beban untuk berinteraksi dengan mahasiswa yang sedang butuh data. Bagian administrasi bisa memfokuskan waktunya untuk input data dan pemeriksaan data.
  3. Data tersimpan secara terstruktur dengan database yang tersimpan di dalam computer.
  4. Pembaruan data antara bagian administrasi kampus dengan bagian keuangan dapat dilakukan dengan cepat secara realtime.