Kegiatan Implementasi Model Kurikulum General Ediucation Berbasis Nilai Huma Betang

Kegiatan Implementasi Model Kurikulum General Ediucation Berbasis Nilai Huma Betang Untuk Memperkokoh Karakter Cinta Damai Universitas Palangka Raya dilaksanakan di Rumah Betang Hapakat, Jl. RTA Milono KM 4 Kota Palangka Raya Pada hari sabtu, 10 November 2018 pukul 07.00-pukul 17.00 WIB. Tahapan kegiatan terdiri dari pengenalan nilai huma betang, dialog huma betang, unjuk identitas, problem solving dengan membuat proyek huma betang yaitu mebuat iklan cinta damai sebagai solusi  permasalahan bangsa terkait dengan karakter cinta damai (Hoaks, black campaign, intoleransi, isu sara, anarkisme, hate speech, dll), presentasi proyek cinta damai. Dalam kegiatan tersebut diberikan reward yaitu uang tunai dan sertifikat bagi tiga kelompok terbaik.

Kegiatan ini dibuka oleh rektor UPR yang diwakili oleh Wakil Rektor bidang umum dan keuangan Bapak Dr. Suariansyah M. SH, MH., dan dihadiri oleh Dekan FKIP, Para Pakar ahli, para pendamping yaitu dosen-dosen yang mengajar mata kuliah MKWU Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila Pendidikan Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia), dan mahasiswa dari 7 Fakultas yang mengambil mata kuliah MKWU pada semester Ganjil 2018/2019 berjumlah 150 orang

Menurut ketua tim General Education Universitas Palangka Raya, Dr. Ei Karliani, M.Pd, Kegiatan implementasi model  kurikulum  General Education  berbasis nilai huma betang untuk memperkokoh karakter cinta damai adalah kegiatan pada tahap keempat dari tahapan kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya dalam hibah GE yaitu : 1) FGD penyamaan persepsi kurikulum GE berbasis nilai huma betang 2) workshop pengembangan model kurikulum GE berbasis nilai huma betang;  3) FGD validasi pakar; 4) implementasi model; 5) Desiminasi model. Kegiatan hibah General Education merupakan kegiatan yang bersifat kompetitif yang ditawarkan oleh Dirjen Belmawa Kemenristekdikti untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan perkuliahan mata kuliah MKWU, dan Universitas Palangka Raya adalah salah satu Universitas yang mendapat hibah kompetitif tersebut dari 59 Universitas yang bersaing secara nasional.

Tujuan kegiatan GE adalah untuk memperluas cakrawala  berpikir  mahasiswa, berdialog, membuat keputusan, kemampuan analisis dan sintesisnya dalam memecahkan permasalahan bangsa. General Education  harus membangun tradisi, etos kerja, dan nilai-nilai luhur sebagai landasan pengembangan intelektualitas, profesionalitas dan vokasionalitas. Permasalahan  Bangsa yaitu radikalisme, penyalahgunaan narkotika, menurunnya nilai-nilai kemanusiaan (kejujuran, kebaikhatian, kurang/tidak kompetitifnya lulusan Perguruan Tinggi Indonesia dalam persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan Global.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*