Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Strata satu (S1)

STANDAR 1.  Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi PENCAPAIAN

 

  • Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian

 

  • Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.

 

  1.             Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) adalah sebagai berikut

1)      Pembentukan tim penyusun visi dan misi, dan tujuan, dan borang oleh ketuan program studi. Ketua program studi mengeluarkan surat tugas, untuk kemudian diusulkan surat keputusan ke Dekan Fakultas.

2)      Atas koordinasi ketua program studi mengundang tim untuk menyusun borang sekaligus membagi tugas kerja di antara anggota tim.

3)      Tim menyusun konsep awal.

4)      Tim memaparkan hasil menyusun konsep awal dalam sebuah seminar yang diikuti oleh dosen, staf, mahasiswa, alumni, masyarakat dunia usaha, guru-guru.

5)      Tim memperbaiki konsep visi, misi, dan tujuan program studi berdasar saran, usul peserta seminar.

6)      Ketua program studi membuat keputusan melalui surat keputusan tentang pemberlakuan dan masa berlaku visi, misi serta tujuan program studi.

7)      Ketua program studi, dosen, staf TU bertanggung jawab untuk mensosialisasikan visi, misi, dan tujuan program studi dengan berbagai cara sesuai kapasitasnya masing-masing.

  1. Pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan

Pihak yang terlibat dalam penyusunan visi, misi, dan tujuan program studi terdiri

Dosen; mahasiswa; alumni; masyarakat dunia usaha; guru-guru di Palangka Raya yang mengajar PAUD.

 

1.1.2  Visi

 

Visi Universitas Palangka Raya:

“Menjadi Perguruan Tinggi terbaik dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, bermoral Pancasila, dan berdaya saing tinggi”.

 

Visi FKIP Universitas Palangka Raya:

“Menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Yang dapat menghasilkan sumber daya manusia  Unggul, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya saing”.

 

Visi Program Studi

“ Unggul mendidik sarjana pendidik PAUD yang berkompetensi, bermutu dan bermoral Pancasila “

 

  • Misi

 

1.      Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi (pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat) sesuai dengan program studi PG-PAUD yang bermutu dan bermoral.

2.      Mengembangkan dan mengimplementasikan kompetensi pribadi, sosial, pedagogik, dan profesional ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dosen melalui seminar, lokakarya, dan kuliah umum yang berkelanjutan.

3.      Mengembangkan teknik pembelajaran di program studi PG-PAUD yang berbasis saintifik, yang sesuai dengan kurikulum yang dikembangkan oleh pemerintah

4.      Menyelenggarakan pembinaan, peningkatan profesionalisme lulusan dan guru-guru PAUD, serta kerjasama dengan pemangku kepentingan.

5.      Mengembangkan ilmu pengetahuan dan media pembelajaran yang  berbasis kearifan local untuk mengembangkan pembelajaran dan pengetahuan bagi tenaga kependidikan PAUD.

 

1.1.4  Tujuan

 

  1. Mewujudkan program pendidikan dan pengajaran PG-PAUD yang bermutu dan bermoral.
  2. Mewujudkan insan yang memiliki jiwa kewirausahaan yang mampu bersaing dalam masyarakat pendidikan serta kalangan dunia usaha.
  3. Mewujudkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa yang dapat memberi manfaat pada masyarakat.
  4. Mewujudkan kegiatan penelitian dalam rangka mengembangkan keilmuan dalam bidang PAUD pada masyarakat yang dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa yang dapat memberi manfaat pada masyarakat.
  5. Mewujudkan kerjasama dengan alumni dan guru PAUD.
  6. Mewujudkan ilmu pengetahuan PG-PAUD yang berbasis kearifan lokal.
  7. Mewujudkan pengembangan teknik pembelajaran PG-PAUD yang efektif.
  8. Mewujudkan implementasi kompetensi pribadi, sosial, profesional, dan pedagogik ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dosen melalui seminar dan lokakarya yang berkelanjutan.
  9. Mewujudkan teknik pembelajaran PG-PAUD yang berbasis kompetensi pribadi, sosial, profesional, dan pedagogik.

 

DAFTAR NAMA DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

(PG PAUD) FKIP UNPAR

NO NAMA DOSEN NIP GOL PANGKAT JABATAN
1. Rayne Praticia, S.Psi., M.Psi,. Psi 19810516 200801 2 011 III/d Penata Tingkat I Lektor
2. Dra. Intan Kamala, M.Pd 19600116 198503 2 002 III/d Penata Tingkat I Lektor
3. Sophia Oktavia B.,S.Psi.,M.Si 19801020 200801 2 020 III/d Penata Tingkat I Lektor
4. Dewi Rosaria Indah, S.Psi, SE, M.Pd 19810505 200604 2 005 III/d Penata Tingkat I Lektor
5. Elisabeth F.S.S., S.Psi., M.Psi.,Psi 19820404 200801 2 017 III/d Penata Tingkat I Lektor
6. Ignatia Imelda Fitriani, SE., M.Si 19761031 200801 2 005 III/c Penata Lektor
7. Rusmaladewi, S.Psi.,M.Psi.,Psi 19820402 200604 2 003 III/c Penata Lektor
8. Wahyuni Christiany Martono, M.Psi.,Psi 19820605 201012 2 002 III/c Penata Lektor
9. Cahaya Afriani Napitupulu, M.Psi., Psi 19870417 201212 2 001 III/b Penata Muda Tingkat I Asisten Ahli

 

PEMBAGIAN MATA KULIAH PERSEMESTER
PG PAUD FKIP UPR
Semester I
NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 MPK  1007 Pendidikan Kewarganegaraan 3
2 MKK 1001 Konsep Dasar PAUD 3
3 MKK 1007 Psikologi Pendidikan 2
4 MPK  1010 Pendidikan Kepramukaan 1
5 MKK 1008 Psikologi Perkembangan I 4
6 MKB 1003 Strategi Pengembangan Kognitif AUD 4
7 MKK 1003 Model-model Pembelajaran AUD 2
TOTAL SKS 19 sks
Semester II
NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 MPK  1008 Bahasa Indonesia 3
2 MPK  1009 ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar) 2
3 MKK 1004 Komunikasi Efektif 2
4 MKK 1011 Statistik I 2
5 MKB 1013 Media dan Sumber Belajar AUD 3
6 MKK 1002 Matematika AUD 3
7 MKK 1009 Psikologi Perkembangan II 4
8 MKB 1004 Strategi Pengembangan Bahasa AUD 4
TOTAL SKS 23 sks
Semester III
NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 MPK  1001 Pendidikan Agama Islam 3
MPK  1002 Pendidikan Agama Kristen 3
MPK  1003 Pendidikan Agama Katolik 3
MPK  1004 Pendidikan Agama Hindu 3
MPK  1005 Pendidikan Agama Budha 3
2 MKB 1005 Strategi Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama 3
3 MKK 1010 Pengembangan Kurikulum dan Bahan Belajar AUD 4
4 MKK 1012 Statistik II 2
5 MKB 1002 Strategi Pengembangan Motorik Kasar AUD 3
6 MKB 1014 Pendidikan Musik AUD 3
7 MKK 1006 Sains AUD 3
8 MKK 1005 Gizi dan Kesehatan 2
TOTAL SKS 23 sks
Semester IV
NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 MKB 1015 Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus 4
2 MPK  1011 Bahasa Inggris 3
3 MKB 1016 Strategi Pengembangan Sosial Emosional AUD 3
4 MKB 1017 Pendidikan Seni Tari AUD 3
5 MKB 1006 Bermain dan Permainan AUD 4
6 MKB 1018 Pendidikan Seni Rupa AUD 3
TOTAL SKS 20 sks
MATA KULIAH PILIHAN BEBAS
7 MPB 1001 Praktek Permainan Tradisional (*) 2
8 MPB 1002 Pengembangan Seni Musik AUD (*) 2
9 MPB 1003 Senam dan Tari Kreasi PAUD (*) 2
6 sks
Semester V
NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 MKK 1013 Metodologi Penelitian Pendidikan I 2
2 MKB 1007 Perencanaan Pembelajaran AUD 2
3 MKB 1019 Bimbingan dan Konseling AUD 3
4 MPB 1004 PKL 3
5 MPK  1006 Pendidikan Pancasila 2
6 MKB 1020 Evaluasi Pembelajaran AUD 4
7 MKB 1001 Strategi Pengembangan Motorik Halus 3
TOTAL SKS 19 sks
MATA KULIAH PILIHAN BEBAS
8 MKB 1008 Bahasa Inggris Bagi AUD (*) 2
9 MKB 1009 Pengenalan Bahasa dan Budaya Daerah (*) 2
10 MPB 1005 Pengembangan Seni Rupa (*) 2
6 sks
Semester VI
NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 MKB 1010 Mananjemen Pendidikan AUD 4
2 MKK 1014 Metodologi Penelitian Pendidikan II 2
3 MPB 1006 Profesi Keguruan 2
4 MPB 1007 PPL-1 2
5 MKB 1011 Teknologi Pendidikan AUD 4
6 MPB 1013 K2NM * 4
TOTAL SKS 20 sks
MATA KULIAH PILIHAN BEBAS
7 MPB 1008 Penangganan ABK (*) 2
8 MPB 1009 Kewirausahaan (*) 2
9 MKB 1012 Perlindungan dan Pemberdayaan Hak Anak (*) 2
6 sks
Semester VII
NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 MPB 1010 PPL- II 4
2 MPB 1011 Penelitian Tindakan Kelas (PTK) 2
TOTAL SKS 6 sks
MATA KULIAH PILIHAN BEBAS
3 MKB 1021 Bercerita untuk Anak Usia Dini (*) 2
TOTAL SKS 2 sks
Semester VIII
NO KODE MK MATA KULIAH SKS
1 MPB 1012 SKRIPSI 4
TOTAL SKS 4 sks
Keterangan : Mata Kuliah Bertanda (*) Merupakan Mata Kuliah Pilihan Bebas