Program Studi Pendidikan Matematika Strata satu (S1)
KURIKULUM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
JURUSAN PENDIDIKAN MIPA FKIP UNPAR TAHUN 2012
- VISI
Menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan tenaga kependidikan di bidang pendidikan matematika di tingkat nasional maupun internasional.
- MISI
- Menyiapkan calon tenaga kependidikan matematika yang berprestasi, kreatif, unggul, professional, dan berdaya saing global;
- Mengembangkan penelitian bidang pendidikan matematika yang inovatif dan mutakhir sebagai landasan proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat;
- Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis hasil penelitian pendidikan matematika;
- PROFIL DAN KOMPETENSI LULUSAN
- Profil Lulusan
Profil lulusan Program S-1 Pendidikan matematika adalah sarjana pendidikan matematika, peneliti pendidikan matematika, entrepreneur pendidikan, pengelola pendidikan, konsultan pendidikan, trainer yang menguasai dan menerapkan pengetahuan dan teknologi, mampu memberikan putusan strategis dan bertanggungjawab dalam melakukan riset dan pengelolaan sumber daya dengan berlandaskan pada keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, loyalitas terhadap Negara dan nilai-nilai kependidikan
- Capaian Pembelajaran/Learning Outcome
- Capaian Pembelajaran Umum Lulusan S-1 Pendidikan Matematika
- Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Mampu menjadi warga Negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung kehidupan yang damai dan harmonis
- Memiliki integritas dan komitmen yang tinggi terhadap kecendikiaan dan profesinya
- Memiliki sikap, kepribadian, dan karakter yang mencerminkan nilai-nilai pendidikan
- Menampilkan akhlak mulia dalam kehidupan professional, keilmuan, dan kemasyarakatan
- Capaian Pembelajaran Utama Lulusan S-1 Pendidikan Matematika (disesuaikan dengan KKNI level 6)
- Mampu mengaplikasikan ilmu kependidikan Matematika untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi yang berorientasi pada kecakapan ilmu (life skills)
- Mampu menggunakan berbagai sumber belajar dan media untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran matematika yang inovatif berbasis IPTEK
- Mampu menyelesaikan masalah pendidikan matematika berbasis penelitian
- Mampu memecahkan masalah pendidikan matematika dan beradaptasi dengan situasi yang dihadapi melalui implementasi pendekatan, metode, model, dan teknik pembelajaran yang relevan
- Menguasai konsepdan prinsip pedagogik, didaktik matematika serta keilmuan matematika untuk mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik matematika
- Menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika
- Mampu memformulasikan penyelesaian masalah penelitian pendidikan matematika
- Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data
- Mampu melakukan penelitian secara mandiri atau kelompok yang dapat digunakan untuk memberikan petunjuk kepada pemangku kepentingan dalam memilih berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika
- Mampu mengelaborasi informasi global, sesuai dengan kondisi pendidikan matematika di Indonesia untuk mengambil keputusan yang tepat untuk peningkatan kualitas pendidikan matematika
- Mampu bertanggungjawab pada pekerjaannya sendiri serta professional di bidang pendidikan matematika
- Mampu melaksanakan pekerjaan di bidang pendidikan matematika dengan penuh tanggungjawab
- Mampu mempertanggungjawabkan pencapaian hasil kerja institusi atau organisasi
- Capaian Pembelajaran Pendukung
- Mampu mengidentifikasi potensi siswa yang perlu dikembangkan
- Menguasai cara dan gaya belajar siswa
- Mengenal dan memanfaatkan lingkungan siswa untuk mengembangkan potensi siswa
- Memiliki komitmen dan terhadap hak dan kewajiban siswa
- Capaian Pembelajaran lainnya
- Mampu menerapkan matematika dalam bidang profesi lainnya
- PROSES PEMBELAJARAN
Untuk mewujudkan capaian pembelajaran yang telah dirumuskan, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika harus mengalami pengalaman belajar yang menerapkan berbagai strategi dan metedologi pembelajaran yang menganut student centre, meliputi:
- Sistem perkuliahan berbasis pada falsafah kognitivisme, koneksionisme, behaviorisme, dan konstruktivisme
- Sistem penilaian meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor berbasis proses dan produk
- Dalam perkuliahan dikembangkan kemampuan presentasi, menulis karya ilmiah, kooperatif, kolaboratif, dan inovatif
- Dalam perkuliahan dimasukkan kegiatan-kegiatan berbasis IT
- Perkuliahan mempraktekkan pendidikan nilai/karakter (disiplin, tanggungjawab, jujur, teliti, ulet, dan pantang menyerah)
- PROSES PENILAIAN
Penilaian terdiri dari dua bentuk yaitu penilaian proses dan penilaian produk. Penilaian proses dilakukan secara observasional oleh dosen di kelas secara langsung berupa ketrampilan, partisipasi keaktifan, presentasi, dan sikap yang ditunjukkan peserta didik ketika mengikuti perkuliahan. Penialaian produk meliputi hasil ujian tulis atau lisan, dan pengerjaan tugas. Masing-masing penilaian memiliki bobot tersendiri (mengacu pada Buku Pedoman FKIP Unpar).
- SEBARAN MATA KULIAH
Untuk mewujudkan capaian pembelajaran tersebut di atas, disusun mata kuliah yang ditempuh mahasiswa dengan sebaran sebagai berikut.
Kode | Nama Mata Kuliah (MK) | SKS | Kode MK | Semester | |||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | ||||
Kurikulum Inti | |||||||||||
A | Pendidikan Agama | 2 | KIKU 1001 | x | |||||||
B | Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | KIKU 1002 | x | |||||||
C | Bahasa Indonesia | 3 | KIKU 1003 | x | |||||||
D | Bahasa Inggris | 3 | KIKU 1004 | x | |||||||
E | Pendidikan Sosial dan Budaya Dasar | 2 | KIKU 1005 | x | |||||||
F | KKN | 4 | KIKU 1007 | x | |||||||
Jumlah | 16 | ||||||||||
Kelompok Mata Kuliah Khusus Fakultas (MKKU) | |||||||||||
G | Pendidikan Pramuka | 1 | KIKK 1001 | x | |||||||
H | Pengantar Pendidikan | 3 | KIKK 1002 | x | |||||||
I | Belajar dan Pembelajaran | 3 | KIKK 1003 | x | |||||||
J | Perkembangan Peserta Didik | 3 | KIKK 1004 | x | |||||||
Jumlah | 10 | ||||||||||
Kelompok Mata Kuliah Pengalaman Lapangan (MKPPL) | |||||||||||
K | PPL | 4 | KICA 1035 | x | x | x | |||||
Jumlah | 4 | ||||||||||
Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian Jurusan | |||||||||||
L | Kalkulus I | 3 | KICA 1001 | x | |||||||
M | Kalkulus II | 3 | KICA 1002 | x | |||||||
N | Fisika Dasar I | 2 | KIKP 1001 | x | |||||||
O | Fisikan Dasar II | 2 | KIKP 1002 | x | |||||||
P | Kimia Dasar I | 2 | KIKP 1003 | x | |||||||
Q | Kimia Dasar II | 2 | KIKP 1004 | x | |||||||
R | Biologi Umum | 2 | KIKP 1005 | x | |||||||
S | Pengetahuan Lingkungan | 2 | KIKP 1006 | x | |||||||
Jumlah | 18 | ||||||||||
Kelompok Mata Kuliah Keahlian Profesi (MKKP) | |||||||||||
T | Matematika Sekolah I | 2 | KICA 1026 | x | |||||||
U | Matematika Sekolah II | 2 | KICA 1027 | x | |||||||
V | Matematika Sekolah III | 2 | KICA 1028 | x | |||||||
W | Strategi Pembelajaran Matematika | 3 | KICA 1029 | x | |||||||
X | Pengembangan Media Pembelajaran Matematika | 3 | KICA 1030 | x | |||||||
Y | Asesmen Pembalajaran Matematika | 3 | KICA 1031 | x | |||||||
Z | Seminar Problematika Matematika | 2 | KICA 1032 | x | |||||||
AA | Perencanaan dan Program Pengem-bangan Pembelajaran Matematika | 3 | KICA 1033 | x | |||||||
AB | Penelitian Pendidikan Matematika | 3 | KICA 1034 | x | |||||||
Jumlah | 23 | ||||||||||
Kelompok Mata Kuliah Keahlian Profesi (MKKP) Pilihan *) | |||||||||||
AC | Pembelajaran Matematika SD | 2 | KIKP 1001 | x | |||||||
AD | Pembelajaran Berbantuan Komputer | 2 | KIKP 1002 | x | |||||||
AE | Strategi Pemecahan Masalah Mat. | 2 | KIKP 1003 | x | |||||||
Jumlah | 6 | ||||||||||
Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK) | |||||||||||
AF | Pengantar Dasar Matematika | 3 | KICA 1003 | x | |||||||
AG | Aljabar | 2 | KICA 1004 | x | |||||||
AH | Trigonometri | 2 | KICA 1005 | x | |||||||
AI | Teori Bilangan | 2 | KICA 1006 | x | |||||||
AJ | Kalkulus Lanjut | 3 | KICA 1007 | x | |||||||
AK | Aljabar Linier | 3 | KICA 1008 | x | |||||||
AL | Bahasa Inggris Matematika | 2 | KICA 1009 | x | |||||||
AM | Geometri | 3 | KICA 1010 | x | |||||||
AN | Program Komputer | 2 | KICA 1011 | ||||||||
AO | Struktur Aljabar | 3 | KICA 1012 | x | |||||||
AP | Statistika Dasar | 3 | KICA 1013 | x | |||||||
AQ | Geometri Analit | 3 | KICA 1014 | x | |||||||
AR | Persamaan Diferensial | 3 | KICA 1015 | x | |||||||
AS | Program Linier | 3 | KICA 1017 | x | |||||||
AT | Analisis Real | 3 | KICA 1018 | x | |||||||
AU | Metode Numerik | 3 | KICA 1019 | x | |||||||
AV | Geometri Transformasi | 3 | KICA 1020 | x | |||||||
AW | Statistika Matematika I | 3 | KICA 1021 | x | |||||||
AX | Statistika Matematika II | 3 | KICA 1022 | x | |||||||
AY | Fungsi Kompleks | 3 | KICA 1023 | x | |||||||
AZ | Matematika Diskret | 3 | KICA 1024 | x | |||||||
BA | Skripsi | 4 | KICA 1036 | x | x | ||||||
Jumlah | 63 | ||||||||||
Kelompok Mata Kuliah Keilmuan dan Keahlian (MKK) Pilihan **) | |||||||||||
BB | Sejarah Matematika | 2 | KIKP 1004 | x | |||||||
BC | Operasi Riset | 2 | KIKP 1005 | x | |||||||
BD | Aplikasi Program Komputer | 2 | KIKP 1006 | x | |||||||
BE | Analisis Data | 2 | KIKP 1007 | x | |||||||
BF | Desain Website | 2 | KIKP 1008 | x | |||||||
Jumlah | 10 | ||||||||||
Kelompok Mata Kuliah Keahlian Pilihan Untuk Profesi Selain Pendidik ***) | |||||||||||
BG | Kewirausahaan | 2 | KIKP 1009 | x | |||||||
BH | Manajemen Perusahaan | 2 | KIKP 1010 | x | |||||||
BI | Komunikasi Publik | 2 | KIKP 1011 | x | |||||||
BJ | Ketrampilan menulis | 2 | KIKP 1012 | x | |||||||
Jumlah | 8 | ||||||||||
Total Minimal SKS | 145 |
Catatan:
- Mata Kuliah Pilihan *), **) dan ***), masing-masing pilih 4 (empat) sks dari yang ditawarkan
- Kurikulum ini diberlakukan bagi mahasiswa mulai angkatan tahun akademik 2012/2013
- Bagi mahasiswa sebelum angkatan tahun akademik 2012/2013 diberlakukan Kurikulum 2007
- Perencanaan dan Program Pengembangan Pembelajaran Matematika sebagai PPL
Nama | Tempat/Tanggal | NIP | Gol. | TMT Gol | Pendidikan | Alamat | Status |
Lahir | terakhir | Kepegawaian | |||||
Ardo Subagjo, Drs. M. Pd | Surabaya, 01-09-1959 | 19590901 198503 1 002 | IV/a | 21-08-1996 | S2 | Jln. Antang Kalang V No.22 | PNS |
Dadang Lorida, Dr. SH, M. Pd | Putut Mengkah, 18-07-1954 | 19540718 198112 1 001 | IV/c | 01-10-1997 | S3 | Jln. C. Bangas 3 No. 1 | PNS |
Demitra, Dr. M. Pd | Kapuas Mandomai, 26-09-1965 | 19650926 199003 2 001 | IV/b | 01-10-2010 | S3 | Jln. Kerinci No. 214B | PNS |
Desti Haryani, Dra. M. Pd | Padang, 30-12-1966 | 19661230 199303 2 003 | III/c | 01-03-2013 | S2 | Asrama Dosen UNPAR | PNS |
Elyasib Y. Lada, Drs. M. Pd | Anjir Kalampan, 22-12-1959 | 19591222 199103 1 002 | III/d | 01-04-2007 | S2 | Jln. Menteng XXI No. 3 | PNS |
Emy Artuti, S. Si, M. Pd | Tulungagung, 01-04-1971 | 19710401 200501 2 002 | III/c | 01-10-2010 | S2 | Jln. W. Coendrad No. A118 | PNS |
Henry Aritonang, Drs. M. Pd | Padang Sidempuan, 07-08-1959 | 19590807 198603 1 005 | III/d | 01-10-1994 | S2 | Jln. Damang Leman II No. 25 | PNS |
Herling D. Bahen, Drs. M. Pd | Pahandut, 27-05-1952 | 19520527 197903 1 002 | IV/b | 01-10-1997 | S2 | Jln. Karet No. 05 | PNS |
Jackson Pasini Mairing, Dr. M. Pd | Jakarta, 15-10-1974 | 19741015 200212 1 003 | III/d | 01-10-2011 | S3 | Jln. Yos Sudarso III No. 78 | PNS |
Janu Pinardi, Drs. H. M. Si | Pacitan, 10-11-1959 | 19591110 198903 1 005 | IV/b | 01-04-2010 | S2 | Jln. Pinus No. 31 | PNS |
Karlinah Salamanya, Dra. M. Pd | Banjar Baru, 25-12-1957 | 19571225 198203 2 001 | III/d | 01-10-1999 | S2 | Jln. Melati I No. 13 | PNS |
Muhamad Hamdani, Drs. H. M. Pd | Pangkalan Bun, 20-05-1960 | 19600520 198603 1 005 | IV/a | 01-14-2000 | S2 | Jln. Podang 181 | PNS |
Pancarita, Dra. M. Pd | Pangkoh, 21-09-1960 | 19600921 198503 2 007 | IV/a | 01-10-1995 | S2 | Jln. Tingang No. 063 | PNS |
Pantur Pandiangan, Drs. M. Pd | P. Sabulan, 21-01-1959 | 19590121 198603 1 003 | IV/c | 01-03-2014 | S2 | Jln. Kutilang No. 24 (Ujung) | PNS |
Qodri Ali Hasan, Drs. M. Pd | Sukoharjo, 08-01-1967 | 19670108 199103 1 003 | III/d | 01-03-2013 | S2 | Asrama Dosen UNPAR | PNS |
Rhodinus Sidabutar, Drs. M. Pd | Batu IV, 29-04-1960 | 19600429 198710 1 001 | IV/b | 01-04-2010 | S2 | Jln. W. Coendrad No. A121 | PNS |
Sarjoko, Drs. M. Pd | Sragen, 14-11-1958 | 19581114 198903 1 002 | IV/b | 01-04-2010 | S2 | Jln. Kerinci No. 214B | PNS |
Sugiharto, Drs. M. Pd | Ngawi, 22-03-1964 | 19640322 199103 1 004 | IV/a | 29-12-2000 | S2 | Jln. Bangas Permai 5/F 27 | PNS |
Suparman, Drs. H. M. Pd | Jember, 04-06-1959 | 19590604 198603 1 003 | IV/c | 01-04-2004 | S2 | Jln. Patimura No.58 | PNS |
Syahrianah Syahran, Dra. M. Pd | Sampit, 22-11-1954 | 19541122 198303 2 001 | IV/a | 01-10-1995 | S2 | Jln. Merak No.11B | PNS |
Uminastuti, Dra. M. Pd | Bandung, 22-05-1958 | 19580522 198303 2 001 | IV/c | 31-07-2003 | S2 | Jln. Rajawali VIII gg.I BTN/06 | PNS |
Walter Punding, Drs. M. Pd | Tumbang Malahoi, 09-06-1959 | 19590609 198503 1 001 | IV/b | 01-10-1997 | S2 | Jln. Sanggabuana II No. 57 | PNS |
Yupito, Drs. M. Pd | Tuwung, 09-07-1962 | 19620709 198603 1 002 | IV/a | 01-10-1996 | S2 | Jln. P. Samudra II No.028 | PNS |
Fuad Muhajirin Farid, M. Si | S2 | Honorer | |||||
Jeri Araiku, M. Pd | S2 | Honorer |