PELATIHAN DAN SOSIALISASI PENGENALAN JENIS SAMPAH PLASTIK SEBAGAI MATERIAL BANK SAMPAH “BANK OF TRASH IN CAMPUS (BITIK)” DI UNIVERSITAS PALANGKA RAYA

October 5, 2023 0 Comments

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) FKIP UPR Prodi Pendidikan Biologi bekerjasama dengan mitra dari Yayasan Borneo Institute (BIT)

Lokasi kegiatan: Ruang A1 Gedung Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya

Jl. Damang Salilah 1 No.1 Palangka Raya, Kalteng.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya Tahun 2023 dan Tim Mitra dari Borneo Institute (BIT) pada Pelatihan Dan Sosialisasi Pengenalan Jenis Sampah Plastik Sebagai Material Bank Sampah “Bank Of Trash In Campus (BITIK)” Di Universitas Palangka Raya, 08 September 2023.

Sampah merupakan masalah utama di Indonesia yang masih memiliki sarana dan prasarana pengelolaan sampah yang tidak merata dan belum memadai, sehingga seringkali membuat masyarakat memilih untuk membakar ataupun membuang sampah ke sungai maupun lingkungan  Hal ini tentu dapat menimbulkan dampak negatif pencemaran bagi lingkungan dan kesehatan. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan ini diperlukan alternatif pengelolaan sampah yang lebih baik yaitu melalui Bank Sampah. Bank sampah merupakan bentuk pengelolaan sampah berbasis sirkular ekonomi dengan memilih dan mengumpulkan sampah yang memiliki nilai ekonomis, yang dapat didaur ulang dan atau digunakan kembali dengan mengadopsi kegiatan pelayanan bank terhadap nasabah bank dengan material utama sampah pilihan.

Berdasarkan kebutuhan tersebut, Tim Dosen dari Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya, dengan Ketua Tim PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat), Dr. Saritha Kittie Uda, S.Si., M.Sc., bekerjasama dengan mitra dari Yayasan Borneo Institute (BIT) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan melakukan Pelatihan dan Sosialisasi pengenalan jenis sampah plastik sebagai material bank sampah “Bank of Trash In Campus (BITIK)” di Universitas Palangka Raya yang dilaksanakan pada tanggal 08 September 2023 di Ruang A1 Gedung Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya.

Kegiatan pelatihan PKM ini bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan wawasan serta pengetahuan mahasiswa tentang jenis-jenis sampah yang dapat di reduce, reuse dan recycle, meningkatkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa tentang pengelolaan sampah berbasis bank sampah, dan merintis jaringan antara mahasiswa dengan pengelola bank sampah dan mitra terkait untuk keberlanjutan program bank sampah yang menghasilkan pendapatan (income) bagi kampus.

Sebanyak 50 peserta hadir mengikuti kegiatan ini, dengan didahului laporan Ketua Tim PKM Prodi Pendidikan Biologi FKIP UPR 2023, Dr. Saritha Kittie Uda, S.Si., M.Sc, dan Kata Sambutan dari Ketua Jurusan Pendidikan MIPA, Elga Araina, M.Pd., dan Sekretaris Jurusan Pendidikan MIPA Dr. H. Suparman, M.Pd., sambutan dari Ketua Prodi Pendidikan Biologi, Shanty Savitri, S.Si., M.Pd. dan sambutan dari Direktur Yayasan Borneo Institute, Yanedi Jagau, M.Si. Kegiatan pelatihan dan sosialisasi meliputi: presentasi pengenalan jenis sampah plastik sebagai material bank sampah “Bank of Trash In Campus (BITIK)” dan praktik pengenalan jenis sampah plastik, dengan narasumber Risquna Aulia Asdy dari Bank Sampah Membangun TPS 3R Kereng Bangkirai Kalteng.

Tim PKM FKIP UPR terdiri dari Dr. Saritha Kittie Uda, S.Si., M.Sc. (Ketua Tim) dan anggota-anggota yaitu Shanty Savitri, S.Si., M.Pd., Drs. Akhmadi, M.Si., Titin Purnaningsih, M.Si., Rahmadyah Kusuma Putri, M.Pd., Drs. Bejo Basuki, M.Si., Ririn Fahrina, M.Pd., Rahmawati, M.Pd., Rio Eka Desi Purwandari Hartanti, M.Pd, Elda Susanti E.B. Dopo, S.Kom., dan dibantu oleh beberapa mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yaitu Arlinda Amelia Yusiana dan Hanna Sinaga dengan Mitra dari Yayasan Borneo Institute (BIT).

Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat akan terjadinya perubahan-perubahan yang lebih baik dalam mengurangi masalah sampah yang ada di sekitar kampus UPR dan sivitas akademika dapat mengelola BITIK sebagai salah satu ide bisnis yang dapat menjadi sumber pendapatan kampus khususnya di Universitas Palangka Raya.

Foto bersama Peserta Pelatihan Dan Sosialisasi Pengenalan Jenis Sampah Plastik Sebagai Material Bank Sampah “Bank of Trash In Campus (BITIK)” Di Universitas Palangka Raya dan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Palangka Raya Tahun 2023 serta Tim Mitra dari Borneo Institute (BIT).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *