Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Strata satu (S1)
STANDAR 1. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, serta strategi PENCAPAIAN
- Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian
- Jelaskan mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.
1) Pembentukan tim penyusun visi dan misi, dan tujuan, dan borang oleh ketuan program studi. Ketua program studi mengeluarkan surat tugas, untuk kemudian diusulkan surat keputusan ke Dekan Fakultas. 2) Atas koordinasi ketua program studi mengundang tim untuk menyusun borang sekaligus membagi tugas kerja di antara anggota tim. 3) Tim menyusun konsep awal. 4) Tim memaparkan hasil menyusun konsep awal dalam sebuah seminar yang diikuti oleh dosen, staf, mahasiswa, alumni, masyarakat dunia usaha, guru-guru. 5) Tim memperbaiki konsep visi, misi, dan tujuan program studi berdasar saran, usul peserta seminar. 6) Ketua program studi membuat keputusan melalui surat keputusan tentang pemberlakuan dan masa berlaku visi, misi serta tujuan program studi. 7) Ketua program studi, dosen, staf TU bertanggung jawab untuk mensosialisasikan visi, misi, dan tujuan program studi dengan berbagai cara sesuai kapasitasnya masing-masing.
Pihak yang terlibat dalam penyusunan visi, misi, dan tujuan program studi terdiri Dosen; mahasiswa; alumni; masyarakat dunia usaha; guru-guru di Palangka Raya yang mengajar PAUD. |
1.1.2 Visi
Visi Universitas Palangka Raya:
“Menjadi Perguruan Tinggi terbaik dalam menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, bermoral Pancasila, dan berdaya saing tinggi”.
Visi FKIP Universitas Palangka Raya: “Menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Yang dapat menghasilkan sumber daya manusia Unggul, Bermutu, Berkarakter, dan Berdaya saing”.
Visi Program Studi “ Unggul mendidik sarjana pendidik PAUD yang berkompetensi, bermutu dan bermoral Pancasila “ |
- Misi
1. Melaksanakan Tri Darma Perguruan Tinggi (pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat) sesuai dengan program studi PG-PAUD yang bermutu dan bermoral.
2. Mengembangkan dan mengimplementasikan kompetensi pribadi, sosial, pedagogik, dan profesional ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dosen melalui seminar, lokakarya, dan kuliah umum yang berkelanjutan. 3. Mengembangkan teknik pembelajaran di program studi PG-PAUD yang berbasis saintifik, yang sesuai dengan kurikulum yang dikembangkan oleh pemerintah 4. Menyelenggarakan pembinaan, peningkatan profesionalisme lulusan dan guru-guru PAUD, serta kerjasama dengan pemangku kepentingan. 5. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan media pembelajaran yang berbasis kearifan local untuk mengembangkan pembelajaran dan pengetahuan bagi tenaga kependidikan PAUD. |
1.1.4 Tujuan
- Mewujudkan program pendidikan dan pengajaran PG-PAUD yang bermutu dan bermoral.
- Mewujudkan insan yang memiliki jiwa kewirausahaan yang mampu bersaing dalam masyarakat pendidikan serta kalangan dunia usaha.
- Mewujudkan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa yang dapat memberi manfaat pada masyarakat.
- Mewujudkan kegiatan penelitian dalam rangka mengembangkan keilmuan dalam bidang PAUD pada masyarakat yang dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa yang dapat memberi manfaat pada masyarakat.
- Mewujudkan kerjasama dengan alumni dan guru PAUD.
- Mewujudkan ilmu pengetahuan PG-PAUD yang berbasis kearifan lokal.
- Mewujudkan pengembangan teknik pembelajaran PG-PAUD yang efektif.
- Mewujudkan implementasi kompetensi pribadi, sosial, profesional, dan pedagogik ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dosen melalui seminar dan lokakarya yang berkelanjutan.
- Mewujudkan teknik pembelajaran PG-PAUD yang berbasis kompetensi pribadi, sosial, profesional, dan pedagogik.
DAFTAR NAMA DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
(PG PAUD) FKIP UNPAR
NO | NAMA DOSEN | NIP | GOL | PANGKAT | JABATAN |
1. | Rayne Praticia, S.Psi., M.Psi,. Psi | 19810516 200801 2 011 | III/d | Penata Tingkat I | Lektor |
2. | Dra. Intan Kamala, M.Pd | 19600116 198503 2 002 | III/d | Penata Tingkat I | Lektor |
3. | Sophia Oktavia B.,S.Psi.,M.Si | 19801020 200801 2 020 | III/d | Penata Tingkat I | Lektor |
4. | Dewi Rosaria Indah, S.Psi, SE, M.Pd | 19810505 200604 2 005 | III/d | Penata Tingkat I | Lektor |
5. | Elisabeth F.S.S., S.Psi., M.Psi.,Psi | 19820404 200801 2 017 | III/d | Penata Tingkat I | Lektor |
6. | Ignatia Imelda Fitriani, SE., M.Si | 19761031 200801 2 005 | III/c | Penata | Lektor |
7. | Rusmaladewi, S.Psi.,M.Psi.,Psi | 19820402 200604 2 003 | III/c | Penata | Lektor |
8. | Wahyuni Christiany Martono, M.Psi.,Psi | 19820605 201012 2 002 | III/c | Penata | Lektor |
9. | Cahaya Afriani Napitupulu, M.Psi., Psi | 19870417 201212 2 001 | III/b | Penata Muda Tingkat I | Asisten Ahli |
PEMBAGIAN MATA KULIAH PERSEMESTER | ||||
PG PAUD FKIP UPR | ||||
Semester I | ||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |
1 | MPK 1007 | Pendidikan Kewarganegaraan | 3 | |
2 | MKK 1001 | Konsep Dasar PAUD | 3 | |
3 | MKK 1007 | Psikologi Pendidikan | 2 | |
4 | MPK 1010 | Pendidikan Kepramukaan | 1 | |
5 | MKK 1008 | Psikologi Perkembangan I | 4 | |
6 | MKB 1003 | Strategi Pengembangan Kognitif AUD | 4 | |
7 | MKK 1003 | Model-model Pembelajaran AUD | 2 | |
TOTAL SKS | 19 sks | |||
Semester II | ||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |
1 | MPK 1008 | Bahasa Indonesia | 3 | |
2 | MPK 1009 | ISBD (Ilmu Sosial Budaya Dasar) | 2 | |
3 | MKK 1004 | Komunikasi Efektif | 2 | |
4 | MKK 1011 | Statistik I | 2 | |
5 | MKB 1013 | Media dan Sumber Belajar AUD | 3 | |
6 | MKK 1002 | Matematika AUD | 3 | |
7 | MKK 1009 | Psikologi Perkembangan II | 4 | |
8 | MKB 1004 | Strategi Pengembangan Bahasa AUD | 4 | |
TOTAL SKS | 23 sks | |||
Semester III | ||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |
1 | MPK 1001 | Pendidikan Agama Islam | 3 | |
MPK 1002 | Pendidikan Agama Kristen | 3 | ||
MPK 1003 | Pendidikan Agama Katolik | 3 | ||
MPK 1004 | Pendidikan Agama Hindu | 3 | ||
MPK 1005 | Pendidikan Agama Budha | 3 | ||
2 | MKB 1005 | Strategi Pengembangan Moral dan Nilai-nilai Agama | 3 | |
3 | MKK 1010 | Pengembangan Kurikulum dan Bahan Belajar AUD | 4 | |
4 | MKK 1012 | Statistik II | 2 | |
5 | MKB 1002 | Strategi Pengembangan Motorik Kasar AUD | 3 | |
6 | MKB 1014 | Pendidikan Musik AUD | 3 | |
7 | MKK 1006 | Sains AUD | 3 | |
8 | MKK 1005 | Gizi dan Kesehatan | 2 | |
TOTAL SKS | 23 sks | |||
Semester IV | ||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |
1 | MKB 1015 | Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus | 4 | |
2 | MPK 1011 | Bahasa Inggris | 3 | |
3 | MKB 1016 | Strategi Pengembangan Sosial Emosional AUD | 3 | |
4 | MKB 1017 | Pendidikan Seni Tari AUD | 3 | |
5 | MKB 1006 | Bermain dan Permainan AUD | 4 | |
6 | MKB 1018 | Pendidikan Seni Rupa AUD | 3 | |
TOTAL SKS | 20 sks | |||
MATA KULIAH PILIHAN BEBAS | ||||
7 | MPB 1001 | Praktek Permainan Tradisional (*) | 2 | |
8 | MPB 1002 | Pengembangan Seni Musik AUD (*) | 2 | |
9 | MPB 1003 | Senam dan Tari Kreasi PAUD (*) | 2 | |
6 sks | ||||
Semester V | ||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |
1 | MKK 1013 | Metodologi Penelitian Pendidikan I | 2 | |
2 | MKB 1007 | Perencanaan Pembelajaran AUD | 2 | |
3 | MKB 1019 | Bimbingan dan Konseling AUD | 3 | |
4 | MPB 1004 | PKL | 3 | |
5 | MPK 1006 | Pendidikan Pancasila | 2 | |
6 | MKB 1020 | Evaluasi Pembelajaran AUD | 4 | |
7 | MKB 1001 | Strategi Pengembangan Motorik Halus | 3 | |
TOTAL SKS | 19 sks | |||
MATA KULIAH PILIHAN BEBAS | ||||
8 | MKB 1008 | Bahasa Inggris Bagi AUD (*) | 2 | |
9 | MKB 1009 | Pengenalan Bahasa dan Budaya Daerah (*) | 2 | |
10 | MPB 1005 | Pengembangan Seni Rupa (*) | 2 | |
6 sks | ||||
Semester VI | ||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |
1 | MKB 1010 | Mananjemen Pendidikan AUD | 4 | |
2 | MKK 1014 | Metodologi Penelitian Pendidikan II | 2 | |
3 | MPB 1006 | Profesi Keguruan | 2 | |
4 | MPB 1007 | PPL-1 | 2 | |
5 | MKB 1011 | Teknologi Pendidikan AUD | 4 | |
6 | MPB 1013 | K2NM * | 4 | |
TOTAL SKS | 20 sks | |||
MATA KULIAH PILIHAN BEBAS | ||||
7 | MPB 1008 | Penangganan ABK (*) | 2 | |
8 | MPB 1009 | Kewirausahaan (*) | 2 | |
9 | MKB 1012 | Perlindungan dan Pemberdayaan Hak Anak (*) | 2 | |
6 sks | ||||
Semester VII | ||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |
1 | MPB 1010 | PPL- II | 4 | |
2 | MPB 1011 | Penelitian Tindakan Kelas (PTK) | 2 | |
TOTAL SKS | 6 sks | |||
MATA KULIAH PILIHAN BEBAS | ||||
3 | MKB 1021 | Bercerita untuk Anak Usia Dini (*) | 2 | |
TOTAL SKS | 2 sks | |||
Semester VIII | ||||
NO | KODE MK | MATA KULIAH | SKS | |
1 | MPB 1012 | SKRIPSI | 4 | |
TOTAL SKS | 4 sks | |||
Keterangan : | Mata Kuliah Bertanda (*) Merupakan Mata Kuliah Pilihan Bebas |